Pulau Tidung

Posted on
Nama Pulau Tidung
Alamat Kepulauan Seribu Sel. Kabupaten Kepulauan Seribu, Daerah Khusus Ibukota Jakarta
Jam Buka 24 Jam
Harga Tiket Masuk Gratis (Paket Tour)

Pulau Tidung – Kepulauan Seribu memiliki banyak banget pesona buat dikunjungi, kamu bisa menikmati luasnya pasir putih ditambah dengan sejuknya angin laut atau snorkeling dan diving di antara ikan-ikan yang ada di sana. Serunya tidak kalah dengan wisata lain di Indonesia seperti, Bali, Lombok, Bunaken, Raja Ampat, atau Wakatobi. Warga Ibukota cukup berkunjung ke Kepulauan Seribu.

Kepulauan Seribu sendiri adalah Kabupaten dan menjadi bagian dari Provinsi DKI Jakarta. Meski dikenal sebagai TNKS (Taman Nasional Laut Kepulauan Seribu) yang merupakan zona konservasi, Kepulauan Seribu memiliki pulau-pulau, yang mana bahkan beberapa pulau tersebut belum berpenghuni.

Pulau-pulau tersebut di antaranya ialah Pulau Tidung, Pulau Bira, Pulau Pramuka, Pulau Bidadari, Pulau Harapan, Pulau Ayer, Pulau Pari, Pulau Sepa, Pulau Kotok, Pulau Nirwana, Pulau Putri dan masih banyak lagi. Sudah dari lama gugusan pulau di Kepulauan Seribu terkenal dengan panorama eksotis dan ditetapkan sebagai destinasi ekowisata. Pengunjung yang datang ke sini tidak cuma dari Jakarta, ada juga yang datang dari luar kota atau bahkan luar negeri.

Tidak sulit bagi para wisatawan untuk berkunjung ke Kepulauan Seribu karena informasinya sudah tersebar di media sosial atau internet. Informasi tersebut meliputi daya tarik hingga harga tiket masuk Pulau Tidung. Review dari orang-orang yang pernah datang ke sini juga banyak, dan bisa kamu jadikan referensi.

Kamu juga tidak akan mengalami kesulitan saat ingin membeli tiket masuk Pulau Tidung karena sudah banyak agen atau jasa tour yang menjualnya. Semua sudah ada dari harga terendah hingga tertinggi. Tentu masing-masing memiliki fasilitas dan pengalaman berlibur yang berbeda-beda. Namun, di antara semua pulau-pulau di Kepulauan Seribu Pulau Tidung memang yang paling banyak dikunjungi para wisatawan. Tidak kaget jika pulau ini memiliki nilai jual tiket yang lebih tinggi dibanding pulau lainnya.

Pulau Tidung didapuk menjadi pulau paling banyak pengunjung bukan karena pulau ini merupakan pulau terbesar saja, tapi juga panorama yang ditawarkan sangat indah dan dilengkapi dengan fasilitas cukup lengkap. Siap-siap saja berebut spot foto dengan wisatawan lain jika kamu ke sini ketika weekends atau musim libur.

Latar Belakang Pulau Tidung

Pulau Tidung masuk wilayah Kelurahan yang ada di Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan, Kabupaten Kepulauan Seribu. Pulau Tidung dibagi menjadi 2, Pulau Tidung Besar dan Pulau Tidung Kecil dan dihuni oleh kurang lebih 5000 jiwa dengan luas total 109 hektar. Kedua pulau tersebut, dihubungkan dengan satu jembatan yakni Jembatan Cinta dengan panjang 800 meter.

Pulau Tidung Kecil merupakan lahan untuk konservasi dan pengembangbiakan mangrove, jadi tidak ada orang yang bermukim di sini. Para penduduk bertempattinggal di Pulau Tidung Besar, mayoritas mereka berada di wilayah Kelurahan. Sepanjang jalan di Pulau Tidung Besar umumnya adalah perkampungan yang terhubung dengan jalan panjang. Di situ pun kamu akan menemui fasilitas umum seperti puskesmas, tempat ibadah, kantor pelayanan publik dan lain sebagainya.

Jika ditarik ke belakang, sudah sejak tahun 1800-an Pulau Tidung ini dihuni, malah dulu awalnya Pulau Tidung Kecil yang dihuni, tapi seiring berjalannya waktu para penduduk pindah ke Pulau Tidung Besar. Penduduk Pulau Tidung berlatarbelakang dari beberapa suku dan ras, ada Jawa, Banten, Kalimantan, Mandar, Sumatera, Bugis, hingga Sumbawa dan Betawi.

Mayoritas para penduduk dulunya adalah seorang nelayan, tapi kini pekerjaan mereka sudah beragam, ada pedagang hingga PNS. Mereka juga kini sudah memanfaatkan Pulau Tidung sebagai tempat wisata. Ada yang menawarkan jasa wisata, jual oleh-oleh khas, makanan, minuman atau menyewakan rumah tinggal sebagai homestay.

Daya Tarik

Di Pulau Tidung daya tarik utamanya adalah wahana air dan watersport yang bisa dinikmati bersama keluarga. Namun, daya tarik lain yang bisa dinikmati adalah hutan mangrove yang kini sedang dibudidayakan dengan tujuan menangkal kikisan pantai akibat ombak dan juga menahan angin laut. Bagi yang ingin merayakan honeymoon pulau ini juga sangat kami rekomendasikan.

Panorama yang ditawarkan oleh Pulau Tidung sangat menawan, terutama panorama pantainya dengan pasir lembut warna putih dan air laut berwarna biru jernih. Kami yakin mata kalian akan menjadi lebih fresh setelah melihat keindahan-keindahan tersebut. Ditambah dengan suasana sekitar Pulau Tidung akan membuatmu semakin betah di sini. Banyak aktivitas yang dilakukan, baik oleh masyarakat sekitar atau wisatawan.

Pantai

Di sekitar Pulau Tidung juga menawarkan suasana romantis banget, seperti di Pantai Saung Perawan, Jembatan Cinta, dan Pantai Cemara Kasih. Di Pantai Saung Perawan dan Cemara Kasih kamu akan menjumpai pemandangan hamparan pasir putih menawan yang dikelilingi tumbuhan pohon-pohon besar membuatmu teduh. Di antara pohon-pohon itu terdapat ayunan, sangat cocok untuk properti foto dengan background pantai.

Jika kamu merasa lapar, jangan khawatir karena di sekitar pantai-pantai tersebut sudah tersedia banyak warung-warung makanan yang siap membuat lapar atau dahagamu hilang.

Jembatan Cinta

Selain kedua pantai tersebut, kamu juga bisa mengunjungi Jembatan Cinta yang menghubungkan dua pulau, yakni Pulau Tidung Besar dan Pulau Tidung Kecil. Jembatan yang panjangnya mencapai 800 meter tersebut merupakan ikon Pulau Tidung yang dulunya terbuat dari dari kayu biasa. Namun, kini telah mendapat pembaruan, jadi di bagian kiri dan kanan sudah diberi pagar setinggi hingga 5 meter supaya mengurangi resiko anak-anak tercebur ke laut.

Ada mitos mengenai Jembatan Cinta ini, jika yang melintas masih jomlo maka ia akan segera mendapat jodoh, jika ia sudah berpasangan maka akan langgeng hingga ajal menjemput. Nah, jika yang melintasi adalah satu pasangan yang sedang ada masalah, maka masalah tersebut akan segera selesai sehingga tidak jadi berpisah.

Lepas dari mitos tersebut, berjalan menyusuri Jembatan Cinta ini akan memberikan kamu pengalaman menarik karena sepanjang jalan kamu akan disuguhi pemandangan indah di antara dua pulau, yang mana tidak akan kamu dapatkan di tempat lain. Bahkan, jika beruntung kamu akan mendapatkan pengalaman melihat langsung anak-anak terjun dari jembatan dilengkapi alat pengamanan yang cukup baik.

Snorkling

Kamu pun bisa melakukan hal yang sama, jika bisa berenang malah lebih seru karena ketinggian antara jembatan dengan laut sangat ideal untuk melakukan aksi lompat indah, juga di sana tidak ada ombak alias airnya sangat tenang. Jika kamu tidak bisa berenang kamu bisa juga menyewa peralatan snorkling di sana.

Ziarah

Alternatif kegiatan buat kamu yang tidak suka olahraga air dan lebih suka wisata religi adalah dengan berziarah ke makam keramat yang ada di Pulau Tidung ini, yakni makan Raja Pandhita dan makan Panglima Hitam. Kalau kamu ke Pulau Tidung dengan agen travel, wisata ziarah ini wajib masuk dalam daftar kunjungan.

Dengan mengunjungi makam tersebut kamu jadi mendapat informasi sejarah dari kedua tokoh ketika memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

Bersepeda

Selain mengunjungi daya tarik dari Pulau Tidung ini kamu juga bisa melakukan aktivitas bersepeda keliling Pulau Tidung Besar sambil melihat aktivitas masyarakat sekitar sehari-hari dan melihat pemandangan Pulau Tidung.

Wisata di Jakarta yang juga seru adalah Seaworld, baca review kami mengenai harga tiket masuk seaworld.

Fasilitas

Fasilitas yang tersedia di Pulau Tidung sudah terbilang lengkap karena pengelola juga didukung oleh pemerintah dan masyarakat sekitar, jadi tidak perlu diragukan lagi. Semua yang dibutuhkan oleh wisatawan sudah tersedia di sini. Apalagi di Pulau Tidung juga dihuni oleh masyarakat jadi apapun kebutuhan wisatawan sudah tersedia di sini.

Alamat

Alamat lengkap Pulau Tidung berada di Kepulauan Seribu Sel. Kabupaten Kepulauan Seribu, Daerah Khusus Ibukota Jakarta. Jika ingin lebih mudah kamu bisa klik map di atas.

Rute

Untuk bisa datang mengunjungi pulau ini terdapat 3 alternatif rute yang bisa kamu pilih, cocokkan juga dengan budget yang kamu miliki. Jika kamu memiliki budget yang cukup banyak, kami sarankan naik speed boat dari Dermaga Marina di Pantai Ancol. Perjalanan menggunakan speed boat hanya membutuhkan waktu kurang lebih 1 jam

Namun, apabila kamu ingin berhemat kamu bisa naik Kapal Ferry yang ada di Dermaga Muara Angke Penjaringan atau naik dari Tangerang juga bisa, maka kamu akan menuju ke Pelabuhan Rawa Saban naik Kapal Ferry tradisional. Perjalanan menggunakan Kapal Ferry dari Muara Angke membutuhkan waktu 2-3 jam. Sedangkan dari Pelabuhan Rawa Saban memakan waktu hingga 2 jam.

Jam Buka

Pulau Tidung buka 24 jam, jadi kamu silakan datang kapan pun sebisanya. Namun, dari kami menyarankan supaya kamu datang siang atau sore hari ketika matahari sedang ingin terbenam.

Harga Tiket Masuk Pulau Tidung

Untuk berkunjung ke Pulau Tidung tidak dikenakan biaya, tapi kalau berkunjung ke tempat-tempat sekitar Pulau Tidung yang jadi destinasi wisata tentu kamu dikenakan biaya. Untuk harganya tergantung paket dan agen tour yang kamu pilih. Semakin mahal harganya kamu akan mendapatkan banyak fasilitas. Biasanya harga untuk wisata ke Pulau Tidung sebesar Rp400.000 untuk 2 hari 1 malam, tapi masih tergantung juga dengan agen tour yang kamu pilih.

Tips

Kalau kamu berwisata ke Pulau Tidung, wajib baca tips dari kami di bawah ini.

  • Pilih agen tour yang terbaik, jangan terpatok sama harga, tapi lihatlah review mereka. Lebih bagus dapat saran dari teman atau kerabat yang sudah menggunakan jasa agen tour tersebut.
  • Berangkat membawa peralatan seperlunya saja.
  • Jangan buang sampah sembarangan karena di sana juga tempat tinggal orang. Mari kita sama-sama menjaga lingkungan.
  • Bawa uang lebih buat jaga-jaga.

Galeri Foto

ayunan pulau tidung
instagram : @abhell_mahardika193
pulau tidung
instagram : @sil.ars

pulau seribu

Pencarian Harga Tiket Populer:

  • harga masuk kepulauan seribu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *