Hutan Pinus Imogiri

Posted on
Nama Hutan Pinus Imogiri
Alamat Sukorame, Mangunan, Dlingo, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 66783
Jam Buka 24 Jam
Harga Tiket Masuk Rp3.000/orang
Harga Tiket Parkir Rp3.000/Motor, Rp10.000/Mobil, Rp20.000/Bus

Hutan Pinus Imogiri – Berwisata di Jogja selalu memberikan kesan dan memori tersendiri. Di setiap tempat wisata di Jogja pun memiliki kesan masing-masing. Kesan yang paling familiar dari orang yang sudah berkunjung ke Jogja adalah “Apapun yang berada di Yogyakarta selalu nampak indah.” Kesan tersebut sangat pas dengan keadaan yang ada Jogja karena hampir di setiap tempat wisata atau bahkan sudut kota Yogyakarta memiliki nilai tersendiri, entah kebudayaan Jawanya yang kental atau perawatannya yang bagus banget.

Bicara mengenai tempat wisata di Jogja, beberapa waktu belakangan telah viral Hutan Pinus Imogiri, nah berikut ini akan kami bagikan info lengkap mengenai Hutan Pinus Imogiri mulai dari daya tarik hingga harga tiket masuk Hutan Pinus Imogiri.

Hutan Pinus Imogiri

Fungsi utama dari Hutan Pinus Imogiri adalah sebagai hutan lindung, tapi saking bagusnya perawatan dan konsep yang disajikan membuat keindahan tempat ini terpancar. Hal itulah yang juga membuat para wisatawan berkunjung ke sini. Bahkan ada yang menyatakan bahwa hutan ini memiliki keindahan yang setara dengan Hutan Pacific Northwesth di Forks dan di wilayah Evergreen State.

Jika kamu penasaran dengan hutan-hutan tersebut, penggambarannya kurang lebih seperti yang ada di film Twilight. Tepat di scene ketika Bella diajak oleh Edward masuk ke dalam hutan yang penuh dengan pohon pinus tinggi, kurang lebih seperti itu suasana Hutan Pinus Imogiri. Itulah penyebab dari viralnya Hutan Pinus Imogiri ini beberapa waktu lalu, banyak wisatawan datang ke sini berfoto-foto dan diposting di media sosial yang ternyata semakin membuat lebih banyak orang tertarik berlibur ke sini.

Siapapun yang berfoto-foto di sini pasti tertarik buat menguploadnya ke media sosial karena backgroundnya keren banget, sayang kalau tidak dipamerkan. Hutan Pinus Imogiri bahkan sering menjadi tempat foto prewedding, syuting iklan, syuting video klip, sampai film sekelas AADS 2. Mengapa Hutan Pinus Imogiri bisa menjadi tempat prewedding? Konon filosofi dari pohon pinus adalah lambang cinta. Pohon pinus yang tumbuh lurus digambarkan sebagai cinta yang tidak bercabang, sedangkan daunnya merupakan adalah sebuah simbol cinta abadi.

Daya tarik yang besar membuat kawasan hutan ini tidak hanya berfungsi sebagai hutan lindung, kini bertambah menjadi kawasan wisata. Dengan begitu, pihak pengelola yakni Perhutani dibantu dengan pokdarwis membangun beberapa fasilitas umum dan spot-spot foto untuk membuat para wisatawan nyaman ketika berwisata/berfoto di sini.

Daya Tarik

Seperti yang sudah kami sampaikan di atas, Hutan Pinus Imogiri ini memiliki banyak daya tarik, berikut kami jabarkan secara lengkap!

Lambang Cinta Korea

Ribuan pohon pinus yang ada di lahan seluas 500 hektar ini akan memberikanmu suasana yang menenangkan. Ternyata pohon pinus merupakan lambang cinta dari Korea yang belakangan ini semakin populer di Indonesia. Itu juga yang mendorong banyaknya postingan di media sosial mengenai hutan pinus ini.

Hutan Bermanfaat

Di sini kamu juga akan mendapatkan udara segar yang sangat berguna untuk menyegarkan pikiran. Hutan ini merupakan sebuah tanah tandung yang telah direboisasi, selain itu di sini terdapat pohon-pohon lain yang ditanam seperti mahoni, akasia, kayu putih, kemiri dan lain-lain.

Puncak Becici

Di sekitar Hutan Pinus Imogiri juga terdapat tempat wisata keren yang wajib kamu kunjungi, yakni Puncak Becici. Jika dari hutan pinus, maka kamu hanya perlu berkendara lurus sampai ketemu pertigaan. Dari pertigaan tersebut kamu akan ketemu dengan papan petunjuk yang akan mengarahkanmu menuju Puncak Becici. Sampai di sana, kamu langsung disuguhkan pemandangan alam menakjubkan, ditambah dengan udara sejuk khas perhutanan. Apabila kamu beruntung datang ke sana ketika cuaca cerah, kamu bisa melihat Gunung Sindoro dan Gunung Merapi.

Lokasi Piknik Ideal

Hutan Pinus Imogiri juga sangat ideal untuk dijadikan lokasi piknik. Kamu hanya perlu datang saja ke sana dengan membawa tikar, juga keranjang yang penuh makanan dan minuman. Piknik bersama keluarga, duduk di atas tikar, menyantap bekal yang sudah siapkan sambil melihat hutan pinus alami sangatlah menyenangkan. Apalagi jika kamu memiliki gitar, bawa saja ke sini untuk menemani liburan kamu sambil bernyanyi bersama-sama.

Bersepeda

Tahukah kamu bahwa di Hutan Pinus Imogiri juga bisa dipakai buat bersepeda? Yap, di sini kamu bisa bersepeda dengan track mendaki serta berliku-liku. Tentu itu akan menjadi tantangan tersendiri. Kamu wajib mencoba bersepeda di sini.

Sumber Mata Air

Hutan Pinus Imogiri memiliki sumber mata air yang dikenal dengan Sumber Mata Air Bengkung. Menurut warga sekitar, sumber mata air tersebut diyakini sebagai lokasi petapaan Sultang Agung Hanyakusuma, salah satu pemimpin Kerajaan Mataram. Sumber mata air ini sendiri dibangun sekitar tahun 1925-1930 oleh pemerintah Belanda. Lokasi sumber mata air ini di dekat hutan pinus, kamu hanya perlu berjalan kaki saja atau naik kendaraan seperti, motor atau sepeda.

Wisata lain yang tidak kalah seru adalah Kebun Binatang Gembira Loka. Baca harga tiket masuk Kebun Binatang Gembira Loka sebelum ke sana.

Fasilitas

Hutan Pinus Imogiri memiliki fasilitas yang terbilang lengkap, berikut daftar fasilitas yang tersedia di sana.

  • Musala
  • Tempat parkir luas
  • WC umum
  • Warung makan
  • Gubuk
  • Tempat camping
  • Tempat penginapan

Jam Buka

Tempat wisata ini dibuka setiap hari 24 jam, jadi kamu bisa datang bebas kapan pun kamu mau. Silakan datang bersama keluarga, kerabat atau pasangan kamu supaya kegiatan berwisata di sini semakin asik. Jika ada pertanyaan, kamu bisa menghubungi kontak 08977216799.

Alamat

Lokasi dari Hutan Pinus Imogiri berada di Sukorame, Mangunan, Dlingo, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 66783. Kamu bisa klik link maps di atas untuk mempermudah jalan menuju lokasi.

Rute

Lokasi Hutan Pinus Imogiri sendiri jika dilihat dari maps di atas hanya berjarak sekitar 35 KM dari sebelah selatan Kota Yogyakarta. Untuk rute termudah menuju ke lokasi ini adalah lewat Jl. Imogiri Timur dan menuju ke makan raja-raja Imogiri, Bantul. Namun, sebelum kamu sampai di makam-makam tersebut kamu lebih dulu bertemu dengan pertigaan. Tinggal lurus saja dari pertigaan itu sampai bertemu pertigaan lagi ke arah Mangunan. Nah, dari pertigaan itu kamu pilih belok kiri dan jalan lurus karena kamu sudah dekat dengan lokasi.

Perlu diketahui bahwa tidak ada transportasi umum menuju ke Hutan Pinus Imogiri ini, tapi kamu bisa menyewa kendaraan seperti motor atau mobil di rental kendaraan yang ada di Jogja. Kami sarankan naik motor karena untuk menuju ke lokasi kamu butuh waktu sekitar 1 jam naik motor, kalau mobil pasti bisa lebih lama lagi.

Lebih-lebih karena medan menuju ke hutan pinus ini cukup sempit, berliku dan menanjak. Sangat rawan bersenggolan dengan kendaraan dari lawan arah. Selain itu, dengan naik motor kamu juga lebih mudah mengakses tempat wisata yang ada di sekitar hutan pinus, seperti sumber mata air Bengkung.

Harga Tiket Masuk Hutan Pinus Imogiri

Harga Tiket Masuk Kategori
Rp3.000 Per orang
Rp3.000 Per motor
Rp10.000 Per mobil
Rp20.000 Per bus
Rp50.000 Biaya Prewed, Syuting dll
Rp20.000 Mendirikan tenda per malam per orang
Rp5.000 Biaya parkir menginap motor

Tips

  • Supaya liburanmu di Hutan Pinus Imogiri semakin menyenangkan, kamu bisa ikuti tips dari kami berikut.
  • Bawa uang cash yang lumayan banyak, buat jajan dan keliling
  • Smartphone/kamera isi baterai penuh biar aktivitas foto-fotomu maksimal
  • Ajak keluarga, kerabat, atau pasangan biar suasana semakin asik
  • Jangan buang sampah sembarangan, mari kita sama-sama menjaga alam
  • Bawah tas buat menyimpan barang elektronik karena cuaca sedang tidak mudah diprediksi

Galeri Foto

Hutan Pinus Imogiri
instagram : @zhrtl__m
Hutan Pinus Mangunan
Instagram : @noviantiisarii
Hutan Pinus Jogja
Instagram : @ifnurhikmah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *