Harga Tiket Wisata Rowo Jombor Klaten April 2021

Posted on

Harga Tiket Wisata Rowo Jombor – Wisata ini merupakan wisata air di rawa yang dikelola dengan sangat baik, wisata ini terletak di Jawa Tengah yaitu kabupaten Klaten. Di sini Anda akan disuguhkan mulai dari luasnya rawa yang sangat bersih dengan pemandangan gunung yang indah. Selain itu banyak aktivitas masyarakat mencari  ikan di sana. Nah, saking banyaknya ikan di Rowo Jombor, pihak pengelola wisata ini bekerja sama dengan masyarakat sekitar mendirikan rumah makan apung atau warung makan apung.

Hal itu dilakukan agar masyarakat yang tinggal di sekitar Rowo Jombor juga merasakan dampak positif dari wisata Rowo Jombor ini. Di rawa ini terdapat banyak sekali keramba ikan atau tempat untuk mendeder ikan, mayoritas ikan konsumsi air tawar, mulai dari mujair, nila, lele, patin, gurame dan banyak lagi, maka dari itu wisata Rowo Jombor ini lebih banyak dikenal sebagai Warung Apung Rowo Jombor. Harga Tiket Masuk Rowo Jombor Klaten tergolong murah.

Sejarah

Rowo memiliki arti rawa atau tempat menggenangnya air dalam suatu daratan akibat terjadinya alih fungsi menjadi daerah resapan air karena hujan. Jombor sendiri adalah sebuah nama dusun yang terletak di desa Krakitan.  Menurut penuturan masyarakat sekitar Rowo Jombor dahulu hanyalah sebuah dataran rendah yang dikelilingi oleh pegunungan, semakin lama karena curah hujan yang begitu deras daerah ini menjadi daerah resapan air dan lama kelamaan menjadi sebuah rawa. Lahan garapan mulai dari persawahan dan juga sebuah desa pun ikut tergenang air luapan Rowo Jombor.

Adanya 2 aliran sungai yang menuju ke dataran rendah ini yang menambah air disini menjadi lebih banyak debit airnya. Pada jaman Belanda dulu saat Pakubuwono X memiliki kerja sama dengan Belanda terkait dengan pendirian pabrik gula di sekitar area rawa itu, dan juga tidak jauh dari rawa juga ditanami tebu untuk memenuhi stok bahan gula, sehingga luapan air Rowo Jombor tersebut dialirkan ke parit-parit untuk dapat menyirami tebu yang ditanam.

Setelah berganti masa penjajahan oleh Jepang Rowo Jombor dialih fungsi menjadi sebuah waduk, dengan memanfaatkan warga sekitar dilakukanlah yang disebut ROMUSHA, sistem kerja paksa untuk pembangunan bendungan.

Daya Tarik

  • Pemandangan Rawa dan Pegunungan yang mengelilinginya

Dengan luas waduk Rowo Jombor ini yang lebih dari 180 Hektar ini menjadikan lokasi ini memiliki pemandangan yang asri, bahkan Anda bisa berkeliling waduk dari atas tanggul selebar 12 meter yang dibangun di atas waduk ini. Lalu di rawa juga banyak sekali aktivitas perahu pencari ikan, dan juga keramba keramba ikan.

Kemudian Nampak Anda memandang dari kejauhan rawa yang luas ini dikelilingi oleh gunung-gunung yang menambah keindahan alam sekitar rowo jombor ini.

  • Warung Apung Rowo Jombor

Jika Anda berkunjung ke sini maka Anda akan langsung disambut oleh warung-warung yang berdiri mengapung di atas air, kira-kira, ada sekitar ratusan warung makan apung di sana karena dasarnya wisata Rowo Jombor memiliki kekayaan ikan yang melimpah dan juga keramba ikan yang begitu banyak sebagai stok bahan makanan. Jika Anda makan di sini maka Anda akan mendapatkan banyak sekali pilihan masakan dan pastinya ikannya segar-segar lo.

  • Tempat Pemancingan

Mungkin Anda yang hobi mancing di sini juga disediakan tempat memancing, Anda hanya perlu menyewa pancing dan membeli pakannya, nah kalau mancingnya tidak ada tiketnya, tapi untuk hasil pancingan bisa langsung minta dimasak ditempat lo, ya bayar ikan yang dimasak saja, kalau ingin dibawa pulang Anda bisa menimbangnya di sana.

  • Organ Tunggal/orkes dangdut

Nah untuk kamu yang hobi joget dan bernyanyi kami sarankan Anda berkunjung saat hari minggu karena di sini juga disediakan event dangdut yang pastinya membuat liburan kamu semakin mantul.

  • Pemandangan dari Bukit Sidoguro

Bukit terletak persis di sebelah Rowo Jombor, dari atas ketinggian kamu akan melihat indahnya pemandangan Rowo Jombor yang terbentang luas dari atas bukit ini. Di sini kamu bisa berfoto ria bersama keluarga dan orang yang kamu sayang, dengan background Rawa Jombor. Bukit ini juga sudah diberikan beberapa bangunan yang menghiasi bukit Sidoguro Rowo Jombor ini, mulai gazebo kesenian arsitek tugu hingga spot foto.

Perlu kamu tahu juga di sini sering diadakan acara kirab, ya pastinya hanya di bulan tertentu seperti acara syawalan, pasti akan ramai sekali pengunjung baik warga setempat bahkan juga pengunjung luar kota Klaten.

Baca Juga Artikel Wisata Klaten lain : Harga Tiket Masuk Mata Air Umbul Cokro Tulung

Fasilitas

  1. Tempat parkir yang luas dan tinggal pilih karena luasnya lokasi ini maka kamu dapat memarkir kendaraan di sekitar Rowo Jombor.
  2. Wisata makan apung, seperti yang sudah dijelaskan di atas kamu bisa menikmati berbagai macam olahan makanan dari ikan yang segar asli rowo jombor.
  3. Musholla , bagi Anda yang muslim juga di sana sudah banyak musholla dan masjid yang bisa Anda gunakan untuk beribadah.
  4. Gazebo di bukit sidoguro Rowo Jombor, di sini kalian bisa menikmati indahnya pemandangan Rowo Jombor dari atas bukit.
  5. Mainan kereta di sini Anda bisa mengelilingi daerah Rowo Jombor dengan kereta cukup bayar 5000 saja.
  6. Sepeda perahu, Anda bisa menyusuri Rowo Jombor dengan mengayuh sepeda perahu hanya dengan ongkos 5000 juga.
  7. Ada juga perahu di mana sama sih Anda akan dibawa keliling Rowo Jombor.
  8. Toilet, di sini juga disediakan toilet untuk Anda BAB dan BAK, ini biasanya ada di sekitar rumah makan.
  9. Jajanan pinggiran jalan juga banyak sekali, mulai dari pentol, gorengan dan banyak jajanan sekitar Rowo Jombor.

Alamat

Alamat Rowo Jombo Berada di Dkh. Jombor, Ds. Krakitan, Kec. Bayat, Kota Klaten, Jawa Tengah, Indonesia. Anda bisa klik maps di atas untuk membantu menemukan lokasinya.

Rute

Nah perjalanan yang dapat Anda lewati jika ingin ke Rowo Jombor. Dari kota Klaten Jawa Tengah, silakan lurus menuju ke Jalan Raya Kalikebo kemudian belok kanan, lurus saja lalu menuju ke jalan raya Wiro, lalu Anda akan melewati 4 belokan lagi maka Anda akan sampai ke kecamatan Bayat. Lurus saja melewati 1 belokan dan 4 tikungan maka Anda akan sampai ke wisata Rowo Jombor.

Jam Buka

  • Minggu 09.00 – 21.00 WIB
  • Senin 09.00 – 21.00 WIB
  • Selasa 09.00 – 21.00 WIB
  • Rabu 09.00 – 21.00 WIB
  • Kamis 09.00 – 21.00 WIB
  • Jumat 09.00 – 21.00 WIB
  • Sabtu 09.00 – 21.00 WIB

Harga Tiket Masuk Rowo Jombor

Free Atau Gratis (hanya membayar jika Anda menikmati semua yang disediakan mulai dari makanan minuman) parkir motor Rp 2000 dan untuk mobil Rp 5000.

Tips Wisata ke Rowo Jombo

  1. Siapkan uang yang banyak agar Anda bisa menikmati banyak sekali makanan dan juga minuman yang tersedia di Warung Apung Rowo Jombor.
  2. Siapkan juga uang untuk dapat menikmati beberapa wahana air yang ada per wahana hanya Rp 5000 saja.
  3. Jangan buang sampah sembarangan.

Galeri Foto

rowo jombor
instagram : @novemlawalata
rowo jombor klaten
instagram : @primaegaadi18
rowo jombor jateng
instagram : @perahujacksparrow

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *