Harga Tiket Masuk Umbul Jolotundo dan Daya Tarik Juli 2021

Posted on

Harga Tiket Masuk Umbul Jolotundo – Klaten memang terkenal dengan tempat yang asri, di sini Anda akan menemukan banyak sekali wisata air murni yang diolah sedemikian rupa sehingga sekarang menjadi tempat yang memiliki banyak wahana wisata. Salah satu kolam air yang menjadi tujuan para pengunjung yaitu Umbul Jolotundo. Harga Tiket Masuk Umbul Jolotundo sendiri tidak begitu mahal, tapi keindahan dan kenyamanan yang ditawarkan cukup memuaskan.

Umbul jolotundo merupakan wisata dengan konsep kolam pemandian namun sudah memiliki sumber airnya sendiri. Ada 2 sumber air yang besar di bawah kolam tersebut. Di sini airnya sangat segar sekali lo. Kolam Umbul Jolotundo memiliki luas kolam 200 meter, untuk kedalaman kolam dibagi menjadi 3 bagian, sebenarnya 1 kolam, tapi diberi sekat seperti tembok di dalam air. Kolam 1 memiliki kedalaman 3 meter, kolam kedua kedalaman 1, 5 meter dan kolam ketiga kedalamannya 1 meter saja.

Di atas kolam pemandangannya kurang begitu menarik karena hanya ada lingkaran dengan kamar ganti, dan beberapa pohon besar di sekitar areanya. Namun, memang wisata ini hanya memiliki fasilitas untuk berenang saja. Tapi keren kok dan kesegaran air pemandian Umbul Jolotundo masih tetap terjaga, kok. Umbul Jolotundo ini terletak di desa Jambeyan – Karanganom- Klaten.

Mitos Wisata Umbul Jolotundo

Cerita Rakyat Versi Putri Roro Amis

Konon dahulu kala ada seorang putri yang dijuluki Roro Amis. Amis sendiri dalam Bahasa Indonesia adalah bau amis dari ikan. Nah putri roro ini mengeluarkan bau amis dari kulitnya, penyakit kulit ini sulit sekali untuk disembuhkan. Namun kala itu Roro Amis sedang bermain di sebuah Umbul atau Kolam, di situ Roro Amis membuat sebuah perahu dari rakitan pohon pisang, di tengah Umbul Roro tidak sengaja jatuh dan tenggelam di dasar kolam Roro Amis kakinya tertusuk oleh keong atau siput.

Ketika kesakitan putri roro amis naik ke permukaan lalu keatas kolam, Roro Amis pun marah dan berhujat jika Umbul Jolotundo ini keong yang hidup tidak boleh ada yang memiliki cangkang yang runcing, tapi ajaibnya dia baru menyadari bahwa penyakit kulit yang diderita olehnya itu langsung sembuh dan tidak mencium bau amis sekalipun. Setelah kejadian itu tergulingnya Roro Amis dari rakitan batang pohon pisang, Roro Amis juga mengatakan jika tidak ada yang boleh menanam pohon pisang di sekitar Umbul Jolotundo, jika ada yang menanam maka dia akan celaka.

Cerita Rakyat Versi seorang Kyai Kelaparan

Dahulu kala ada seorang kyai yang perutnya merasa lapar sekali, sang kyai pun memutuskan untuk menjaring ikan, alat yang digunakan adalah jolo / dalam Bahasa Indonesia adalah jala. Nah seorang kyai tersebut lantas pergi ke sungai, tapi ditengah perjalanan beliau menemukan sebuah Umbul dengan mata air yang sangat jernih.

Kemudian beliau berhenti sejenak untuk beristirahat dan mandi di umbul tersebut, tapi tidak disangka waktu beliau disitu cukup lama, yang tadinya kyai tersebut merasa lapar saking enaknya beliau tidak merasa lapar lagi, nah karena itu sumber ini dinamakan Umbul Jolo Tundo. Karena beliau mandi dan lupa untuk menjaring karena perutnya merasa sudah tidak lapar lagi.
Pembangunan dilakukan di umbul ini menurut budayawan adalah sekitar tahun 1920.

Kalo ke Klaten belum lengkap rasanya jika tidak mengunjungi Sendang Tirto Sinongko, tenang saja harga tiket masuk Senda Tirto Sinongko sangat murah.

Daya Tarik

Kolam Umbul Jolotundo memiliki beberapa pesona yang dapat Anda nikmati, yang pertama pastinya airnya yang segar karena di Klaten memiliki sumber air yang sangat melimpah dan alami tanpa menggunakan tawas seperti pada kolam buatan di kota lain.

Bagi Anda yang ingin pergi berlibur dengan anak Anda, di sini juga cocok karena ada kolam untuk anak yang lumayan dalem sih sekitar 1 meter ke bawah. Nah kalau kamu yang suka menyelam untuk melihat keindahan batu di bawah air kamu bisa ke kolam pertama dengan kedalaman 3 meter. Pokoknya jernih dan mantap lah di bawah. Kamu bisa menemukan tumpukan batu berbentuk kuncup di tengah kolam dewasa, di situ yang menjadi sumber dan juga yang di kolam 1 meter yang memiliki sumber air.

Fasilitas Wisata Umbul Jolotundo

  • Kamar mandi yang cukup banyak.
  • Warung untuk membeli makanan serta minuman.
  • Gazebo atau tempat duduk bagi orang tua yang lagi mengawasi anaknya atau juga lagi ingin bersantai aja.
  • Mushola atau tempat ibadah juga disediakan untuk anda yang muslim.
  • Tempat parkirnya juga luas, bisa untuk motor dan mobil.

Alamat Umbul Jolotundo

Jl. Klaten – Jatinom Nmor 7, Desa Jambean, Kecamatan. Jatinom, Kab. Klaten, Jawa Tengah Kodepos 57481. Maps di atas bisa kamu gunakan untuk sebagai penunjuk arah menuju ke lokasi.

Rute ke Umbul Jolotundo

Kami akan memberikan beberapa petunjuk arah jika anda ingin pergi berlibur ke Umbul jolotundo, berikut lengkapnya. Anda yang dari berbagai daerah bisa langsung untuk ke kota Klaten – Jawa tengah. Kemudian ambil arah menuju ke kecamatan Karanganom dari Karanganom ikuti petunjuk arah untuk Anda bisa sampai di desa Jambeyan. Setelah itu langsung menuju ke Dukuh Gedaren dan anda akan sampai di Umbul Jolotundo.

Jam Buka

  • Minggu 06.00 – 06.00 (24 Jam)
  • Senin 06.00 – 06.00 (24 Jam)
  • Selasa 06.00 – 06.00 (24 Jam)
  • Rabu 06.00 – 06.00 (24 Jam)
  • Kamis 06.00 – 06.00 (24 Jam)
  • Jumat 06.00 – 06.00 (24 Jam)
  • Sabtu 06.00 – 06.00 (24 Jam)

Harga Tiket Masuk Umbul Jolotundo

Nah berapa sih, harga tiket masuknya? Kalau kamu mau ke sini cukup sediakan Rp5.000 untuk tiket masuk dan Rp2.000 parkir motor dan untuk parkir mobil Rp5.000.

Tips Wisata Umbul Jolotundo

  1. Selalu jaga keselamatan anak anda, dengan mengawasi anak dari atas kolam jika mereka sedang berenang takutnya nanti lari ke kolam dewasa dengan kedalaman 3 meter. Meskipun di sana sudah terdapat life guard.
  2. Sediakan pakaian ganti sebelum anda akan pergi kesana. Agar setelah berenang anda sudah bisa memakai baju ganti dan tidak basah sehingga masuk angina nanti.
  3. Sediakan obat bagi anda yang sering masuk angin.
  4. Bawalah handuk.
  5. Jaga selalu kebersihan ya agar wisata ini selalu dapat dinikmati saudara kita yang akan berkunjung nanti.

Nah bagaimana? Sudah gak sabar untuk berwisata ke Umbul Jolotundo, semoga informasi yang kami bagikan bisa menjadi referensi terbaik untuk anda dalam mencari info. Selamat berlibur. Semoga anda puas dan terima kasih.

Galeri Foto

umbul jolotundo
umbul jolotundo
umbul jolotundo klaten
umbul jolotundo klaten

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *