Harga Tiket Masuk Situs Duplang Jember Oktober 2022

Posted on
Nama Situs Duplang
Alamat Dusun Duplang, Desa Kamal, Kecamatan Arjasa, Kabupaten Jember
Jam Buka 24 jam Setiap Hari
Fasilitas Toilet, Mushola, Parkir
Harga TIket Masuk Gratis

Harga Tiket Masuk Situs Duplang Jember – Jember merupakan sebuah Kabupaten yang berada di Jawa Timur, mayoritas masyarakatnya beragama Islam dan Suku Jawa. Jember terkenal dengan wisata Pantai Papua dan Jember Fashion Carnaval (JFC) yakni event yang sangat terkenal hingga ke luar negeri. Selain itu, di Jember juga banyak perguruan tinggi. Di sini terdapat sebuah situs bernama Situs Duplang yang berisi pengetahuan mengenai peradaban manusia jaman dulu. Harga Tiket Masuk Situs Duplang masih gratis ketika artikel ini tayang. Sangat menarik bukan, bisa beriwasata sambil mendapat wawasan baru.

Daya Tarik

Jejak Sejarah

Situs Duplang adalah salah satu sejarah peninggalan era Megalithikum dan salah satu kampung purbakala yang ada di Jawa Timur. Situs ini memiliki luas 12 ha dan berletak tepat di lereng Gunung Argapura. Sehingga udara yang kamu hirup di sini masih sangat segar dan asri. Situs Duplang memberi kita peradaban jauh sebelum era teknologi smartphone seperti saat ini.

Lokasi ini ditumakan oleh masyarakat Desa Kamal sekitar abak ke-10 silam, yang kala itu sedang menggali tanah. Mayoritas posisi batu tidak berubah, hanya beberapa saja yang dipindah supaya lebih tertata.

Bernama Situs Duplang karena letaknya di Dusun Duplang. Banyak informasi mengenai awal mula peradaban yang bisa kita dapat ketika mengunjungi situs ini. Sangat baik apabila kita juga mengenalkan sejarah ini kepada anak atau saudara kita yang lebih muda.

Banyak Jenis Artefak

  • Dolmen atau Kubur Batu

Artefak ini difungsikan untuk kuburan dari batu besar yang ditopang 4 hingga 6 buah batu, lalu ditutup oleh papan dari batu.

  • Menhir

Batu yang berdiri vertikal, tegak, dan berfungsi untuk benda yang dipuja untuk arwah atau nenek moyang yang sudah meninggal.

  • Batu Kenong

Batu kecil lancip bagian atas, berfungsi untuk tempat persembahan ke arwah dan atau leluhur. Batu ini lancipnya menunjukkan arah, dipakai untuk petunjuk arah untuk mencari harta karun.

  • Lesung

Lesung adalah batu yang tengahnya berlubang, sama seperti lesung biasanya. Batu ini berfungsi untuk menumbuk padi, kopi dan lainnya. Masyarakat sekitar umumnya menyebut batu ini Lingga Yoni. Lingga adalah penutup lesung dan Yoni merupakan lesung itu sendiri. Yoni berarti kesuburan, untuk itu masyarakat sekitar percaya bahwa lesung di Situs Duplang ini melambangkan kesuburan.

  • Peti Kubur Batu

Di era Megalithikum semua kegiatan dilakukan dengan batu. Peti Kubur pun menggunakan batu untuk menyimpang jenazah. Bentuknya mirip dengan peti mati sekarang, tapi ukurannya lebih besar dan batunya pipih di bagian atas.

Fasilitas

Fasilitas di Situs Duplang cukup lengkap, seperti berikut.

  • Parkir
  • Mushola
  • Toilet

Alamat Situs Duplang

Situs Duplang ini beralamat di Dusun Duplang, Desa Kamal, Kecamatan Arjasa, Kabupaten Jember, Provinsi Jawa Timur. Jika kamu kesusahan mencari lokasinya bisa klik maps di atas.

Baca Juga : Harga Tiket Masuk Pantai Bandealit Terbaru

Rute

Menuju ke Situs Duplang kamu harus mengarahkan kendaraanmu menuju ke Alun-Alun Jember. Dari Sana kamu bisa mengikuti papan petunjuk yang menuju ke arah Desa Kamal. Perjalanan kurang lebih 16 km dengan kondisi jalan agak sempit dan berlubang, lebih baik menggunakan kendaraan sepeda motor. Kamu bisa tanya orang sekitar jika kamu ragu dengan maps atau papan arah.

Jam Buka

Tempat Wisata Jember Situs Duplang ini buka 24 jam selama 7 hari. Waktu terbaik adalah saat matahari mulai bersinar atau pagi hari, jadi kamu bisa melihat dengan jelas batu-batu yang ada di sini.

Harga Tiket Masuk Situs Duplang

Harga Tiket Masuk Situs Duplang gratis tidak dipungut biaya sepeser pun (ketika artikel ini terbit) kamu hanya tinggal datang dan mempelajari warisan perabadan ini. Saran kami, meski masuk ke sini gratis kamu bisa memberi sedikit rejeki untuk perawatan Situs Duplang supaya bisa lebih lama bertahan.

Tips ke Situs Duplang

Jika kamu berniat berwisata ke Situs Duplang, ada beberapa tips yang bisa kamu simak, yaitu :

  • Jangan buang sampah sembarangan, sebab alangkah baiknya jika kita juga menjaga kebersihakan tempat wisata Jember ini. Dengan begitu kita pun ikut menjaga bumi, loh.
  • Jangan vandalisme, jangan lakukan corat-coret di batu atau tembok selama dalam area Situs Duplang karena itu bisa membuat kotor dan merusak keindahan tempat wisata ini.

Wisata Lain

Ada beberapa tempat wisata yang juga bisa kunjungi di Jember, lokasinya tidak begitu jauh dari Situs Duplang. Berikut adalah di antaranya.

Museum Huruf

Museum huruf beralamat di Jln. Bengawan Solo, Kecamatan Sumbersari, Jember. Tempat wisata ini berdiri sejak tahun 2017 silam dan mejadi satu-satunya museum di dunia. Di dalamnya berisi huruf dari jaman ke jaman dari negara-negara di seluruh dunia.

Air Terjun Tancak

Tempat wisata Jember Air Terjun Tancak beralamat di Kecamatan Panti, Jember. Tinggi Air Terjun Tancak ini kurang lebih 85 meter dengan kondisi sekitar yang masih sangat asri. Di sini kamu lebih baik tidak membawa anak kecil karena lokasi jalan yang masih belum optimal dan ditambah lagi air terjun Tancak cukup deras, sehingga cukup berbahaya bagi anak kecil.

Galeri Foto

situs duplang
ig : @kisahalurku
situs duplang jember
ig : @al.qoim.bin.astour
harga tiket masuk situs duplang
ig : @eko.buddy

Leave a Reply

Your email address will not be published.