Harga Tiket Masuk Pantai Bandealit Jember Mei 2022

Posted on

Harga Tiket Masuk Pantai Bandealit – Tempat Wisata di Jember cukup banyak, mulai dari tempat wisata keluarga, hutan hingga pantai. Salah satu yang lagi hits adalah Pantai Bandealit Jember yang lokasinya di dalam kawasan hutan lindung. Pantai ini masih sangat alami dengan banyaknya pohon di sekitar pantai. Harga Tiket Masuk Pantai Bandealit cukup murah, dan memiliki daya tarik yang banyak.

Pantai Bandealit memiliki kualitas udara yang bagus buat paru-paru karena pohon-pohon di sini menghasilkan banyak oksigen, ditambah lagi panorama alamnya yang indah, semakin membuat kagum para pengunjung yang berwisata di sini. Dijamin lelah kamu selama bekerja seminggu full akan lunas ketika berkunjung di sini. Sekeliling Pantai Bandealit terdapat perbukitan, hutan mangrove dan gunung, semua terlihat sangat indah.

Selain pesona alam yang indah, ternyata Pantai Bandealit memiliki misteri makhluk halus menurut warga sekitar. Makhluk halus tersebut disebut Siwil, sosoknya berukuran kurang lebih 1 meter. Ada cukup banyak pengunjung yang sempat melihat jejak kaki Siwil, bahkan beberapa di antaranya melihat sosok Siwil secara langsung. Meski misteri ini masih belum terbukti secara ilmiah, tapi hal tersebut ada konon lantaran akibat dari apa yang dilakukan oleh makhluk kerdil tersebut.

Asal Muasal nama Bandealit adalah ketika abad ke-17 silam ada seorang istri dari Kerajaan Blambangan bernama Dewi Sukesih, ia merupakan istri dari Wong Agung Wilis. Dewi Sukesih diminta suaminya untuk mengungsi serta cari perlindungan ke barat. Ketika itu kondisi Dewi Sukesih sedang hamil dan dia harus melewati hutan belantara di Alas Purwo Grajagan, hingga ia melahirkan bayi laki-laki yang diberi nama Joko Mursodo.

Ketika Joko Mursodo menginjak dewasa, ia kembali ke Blambangan berniat menemui ayahnya, tapi Abdi Kinasih memberi saran supaya tidak mencari ayahnya karena di sana sedang perang. Joko Mursodo merasa tersinggung dengan saran tersebut, ia berujar tidak akan pernah lagi memanggil nama ayahnya sampai dia bertemu langsung. Joko Mursodo hanya memukull gong kecil untuk memanggil Abdi Kinasih, hingga kemudian pantai ini diberi nama Bande Alit.

Bande Alit berarti Gong Kecil, yang artinya Joko Mursodo memanggil Abdi Kinasih.

Daya Tarik

Akses jalan ke Pantai Bandealit tidak mudah, tapi meski begitu Pantai ini tidak pernah sepi pengunjung. Setiap hari, terutama hari libur banyak pengunjugn yang datang berlibur ke Pantai Bandealit, baik dari Jember atau luar kota.

Suasana yang Alami

Seperti yang sudah kami singgung di atas, pantai ini berada di kawasan hutan lindung nasional, jadi suasana pantai ini sangat alami. Pantai Bandealit masuk dalam daftar pantai yang dilindungi oleh pemerintah, terutama lingkungan dan alamnya.

Pantai Bandealit lumayan luas dipenuhi hamparan pasir coklat lembut yang akan membuatmu tertarik bermain lama di sini. Deburan ombaknya pun tidak begitu tinggi, mampu menenangkan hati para pengunjung.

Pantai ini termasuk salah satu pantai gugusan Pantai Selatan, tapi karakternya berbeda. Pantai Bandealit cenderung landai dengan batu karang sedikit. Di sini kamu bisa melihat banyak perahu nelayan sepanjang pantai karena memang pantai ini masih dimanfaat oleh mereka untuk mencari ikan di laut.

Deburan Ombak

Pasti kamu bertanya-tanya ombak di Pantai Bandealit ini kencang atau biasa? Nah, yang pasti ketika kamu berkunjung ke sini kamu akan mendengan deburan ombak dengan jelas, sangat seru jika kamu menunggunya di bibir pantai.

Lalu ketika ombaknya mendekat kamu bisa menghindarinya supaya tidak basah. Kamu juga bisa duduk-duduk bersantai agak jauh dari bibir pantai sambil bermain pasir.

Camping

Buat kamu yang doyan ngecamp, Pantai Bandealit adalah tempat wisata Jember yang cocok buat kamu. Di sini kamu bisa ngecamp atau bermalam ditemani heningnya malam dan deburan ombak. Perlu diketahui bahwa jika kamu berkemah di sini, harus menyiapkan kebutuhan atau peralatan yang diperlukan. Jika beruntung kamu akan bertemu dengan para nelayan yang baru pulang melaut. Kamu bisa membeli beberapa ikan hasil tangkapan mereka kemudian dibakar.

Mancing

Kamu juga bisa memancing di Pantai Bandealit. Lokasinya tepat di arah timur ke arah teluk dan muara sungai payau yang cukup luas. Di sini kamu bisa memancing ikan segar yang ukurannya cukup besar. Kondisi debit air di sungai ini unik, jika memasuki musim kemarau debit airnya tinggi, tapi jika musim hujan malah rendah. Untuk itu, jika musim kemarau para pengunjung bisa menikmati olahraga speedboat atau perahu kano.

Spot Foto Instagramable

Pemandangan Pantai Bandealit yang indah bisa menghasilkan foto keren nan indah. Banyaknya pohon tinggi lebat daun bisa kamu eksplor menjadi sebuah foto keren. Belum lagi hamparan pasir dan deburan ombaknya, sangat banyak spot foto menarik di Pantai Bandealit.

Hutan Lindung

Berletak di dalam Hutan Lindung, jadi bonus tersendiri ketika kamu berkunjung di Pantai Bandealit. Luas hutan mangrove sekitar 8 hektar dengan jenis Pedada. Banyak juga jenis burung yang bertempat tinggal di sini.

Di sini kamu juga bisa ikut kegiatan agrowisata yang dilakukan oleh PT. Bandealit. Kegiatan tersebut berupa berkebun beberapa jenis tanaman seperti, rambutan, durian, sirsak dan jeruk.

Kegiatan trekking ke puncak tebing Gunung Sodung juga bisa kamu lakukan ketika berwisata di Pantai Bandealit. Trek nya baik ke puncak dengan ketinggian kurang lebih 100mdpl. Kamu bisa melihat indahnya Pantai Bandealit dari ketinggian. Jika terus melanjutkan trekking kamu bisa menemukan Goa Jepang. Dulunya, Goa Jepang tersebut merupakan sebuah bunker dan benteng pertahanan.

Fasilitas

Di Pantai Bandealit masih belum ada fasilitas umum yang memadai seperti tempat wisata di Jember lainnya karena di sini menjaga keasrian dari pantai tersebut. Jadi, kamu harus membawa bekal sendiri dari rumah dan jangan lupa membuang sampah di tempatnya.

Baca Juga : Harga Tiket Masuk Air Terjun Antrokan Manggisan Terbaru

Alamat Pantai Bandealit

Pantai Bandealit Jember berada di Taman Nasional Meru Betiri, tepatnya di Desa Andongrejo, Kecamatan Tempurejo, Kaupaten Jember, Provinsi Jawa Timur. Jika kamu kesulitan menemukan lokasi Pantai Bandealit, bisa klik maps yang ada di atas.

Rute

Dari Kota Jember, kamu akan menempuh perjalanan kurang lebih 64km untuk ke Pantai Bandealit. Estimasi waktunya antara 2 sampai 3 jam perjalanan. Rute perjalanan menuju ke Kecamatan Temurejo, lalu masuk ke Desa Andongrejo dan sampailah ke Taman Nasional Meru Betiri. Pantai Bandealit berada di bagian ujung Taman Nasional Meru Betiri.

Ketika sudah sampai di pintu masuk, kamu akan melanjutkan perjalanan ditemani pepohonan asri di kiri-kanan. Ada baiknya kamu ke sini naik sepeda motor karena jalan tidak begitu lebar. Untuk mobil hanya cukup 1 mobil saja, akan susah jika ada mobil lain dari lawan arah. Medan jalan masih belum semuanya di aspal, hanya tanah. Kamu harus berhati-hati ketika melewati jalan ini.

Jam Buka

Jam operasional Pantai Bandealit menyesuaikan Taman Nasional Meru Betiri yaitu 24 jam nonstop. Namun, jalan menuju ke pantai ini masih belum ada penerangan, jadi kami sarankan berkunjung ke sini ketika pagi atau siang hari saja.

Harga Tiket Masuk Pantai Bandealit

Harga tiket masuk Pantai Bandealit cukup Rp5.000 saja perorang. Harga yang sangat murah dibanding apa yang akan kamu dapatkan di Pantai Bandealit ini.

Galeri Foto

Pantai Bandealit
ig : @nengindah20
harga tiket masuk pantai bandealit
ig : @pije.art
pantai bandealit jember
ig : @adityacg_

Leave a Reply

Your email address will not be published.