Harga Tiket Masuk Loka Jala Crana Surabaya

Posted on
Alamat Jl. Gadukan Utara 1 C No. 24, RT.001/RW.05, Morokrembangan, Krembangan, Surabaya, Jawa Timur 60178
Jam Buka 08.00-14.00 (Senin-Kamis), 08.00-15.00 (Jumat) dan untuk Sabtu-Minggu libur
No. Telp 031-3291092
Harga Tiket Masuk Rp2.000/orang

Harga Tiket Masuk Loka Jala Crana Surabaya – Planetarium adalah salah satu tempat wisata berkonsep edukasi dunia astronomi. Pengunjung bisa mendapatkan banyak informasi astronomi, tata surya, planet selain bumi, dan mengintip indahnya alam semesta. Bukan hanya di Jakarta saja yang punya Planetarium, Surabaya pun juga ada, loh.

Planetarium Surabaya juga sama seperti Jakarta memberikan informasi lengkap dengan cerita-cerita luar angkasa. Bedanya hanya di tempatnya, kalau di Surabaya ini berada di museum TNI Angkatan Laut (AL) yang fungsinya untuk mengenalkan dunia Angkatan Laut ke masyarakat. Lokasi Planetarium Surabaya ada di daerah Bumimoro, Morokembangan, kompleks AL. Adanya tempat wisaya Planetarium ini jelas menjadi manfaat sendiri bagi masyarakat Jawa Timur, Surabaya khususnya. Mari kita ulas satu persatu termasuk harga tiket masuk loka jala crana surabaya.

Latar Belakang

Museum Loka Jala Crana adalah museum AL yang dibangun pada tanggal 19 Oktober 1969. Museum ini diprakarsai oleh Ibu R. Mulyadi yang adalah istri dari Panglima AL, Laksamana R. Moeljadi. Pada waktu itu, museum ini bernama Museum Akabari Laut, lalu pada tanggal 10 Juli 1973 berganti menjadi Museum TNI Angkatan Laut.

Tidak beberapa lama, atau pada tanggal 6 Oktober 1979, musuem berganti nama lagi menjadi Museum TNI Angkatan Laut Loka Jala Crana. Nama Loka Jalan Crana sendiri memiliki arti tempat untuk menyimpan, mengabadikan, dan juga menyajikan alat serta sarana yang digunakan TNI AL.

Baca juga : Harga Tiket Masuk Surabaya Festival

Daya Tarik

Secara umum Museum TNI AL Loka Jala Crana ini dibagi menjadi 2 bagian yang berbeda. Gedung pertama para pengunjung bisa mengunjungi Anjungan Utama, Anjungan Joang, dan Planetarium. Ketiganya memiliki informasi yang berbeda-beda.

Selain itu, ada juga pameran taman berkonsep koleksi peralatan TNI AL sepeti pesawat gannet, tank amphibi PT-76, hingga meriam kapal. Di sini bahkan masih ada meriam peninggalan VOC, Bofors L.60 penembak Allan Pope. Pengunjung juga bisa melihat meriam instruksi dan monumen pendidikan perwira. Di sini semuanya lengkap tersaji.

Museum Loka Jala Crana ini dikelola langsung oleh TNI AL dan sudah memiliki dasar Skep Kasal No. Skep/11106/VII/1973. Sebelumnya, museum ini digunakan sebagai tempat Sarana Pendidikan Kadet AAL. Museum ini sendiri memiliki luas sekitar 2,7 hektar.

Di Planetarium Surabaya ada Astronavigasi. Museum ini banyak menyelematkan benda-benda bersejarah yang dimiliki prajurit-prajurit TNI AL. Di dalam museum ini, para pengunjung akan dipandu oleh petugas, guna menyampaikan info dan deskripsi koleksi di museum ini.

Para pengunjung pun bisa melihat koleksi sejak jaman revolusi fisik sampai peralatan dan juga sarana yang dipakai AL hingga kini. Meriam kapal perang, helikopter, hingga pesawat, ada di sini.

Selain itu, ada peralatan artileri medan, seperti KRI Dewa Ruci dan benda bersejarak seperti meriam kapal HRMS De Zeven Provencien. Museum ini merupakan replikasi dari KRI Dewa Ruci. Kapal milik AL adalah jenis kapal lati yang sering melakukan perjalanan keliling dunia hingga memakan waktu berbulan-bulan.

Di sini terdapat Planetarium yang dapat dipakai oleh pengunjung untuk melihat melihat tata surya dan mendapatkan info mengenai astronomi. Tat surya yang dimaksud mencapai Bima Sakti. Tidak cuma wisatawan, pada kadet pun juga menggunakan Planetarium sebagai tempat untuk belajar karena ilmu astronomi sendiri termasuk penting untuk pelayaran terutama ketika perang.

Di sini para pemandu akan menjelaskan tata surya juga dari bintang yang ada. Mereka akan menjelaskan Bima Sakti secara detaiil dan lengkap, jadi kamu tidak perlu khawatir nanti akan kebingungan ketika berkunjung ke sini. Para kadet AL menjadikan bintang sebagai kompas atau petunjuk arah saat berada di lautan, tentu cara membaca dan melihat arahnya dapat kamu lihat di Planetarium ini.

Jam Buka

Sebelum berkunjung ke sini kamu harus tahu bahwa jam buka Loka Jala Crana Surabaya mulai pukul 08.00-14.00 (Senin-Kamis), 08.00-15.00 (Jumat) dan untuk Sabtu-Minggu libur. Kamu juga bisa mengajukan pertanyaan ke pengelola lewat nomor 031-3291092.

Alamat

Alamat lengkap Loka Jala Crana Surabaya berada di Jl. Gadukan Utara 1 C No. 24, RT.001/RW.05, Morokrembangan, Krembangan, Surabaya, Jawa Timur 60178.

Rute

Jika kamu ingin ke Planetarium Loka Jala Crana bisa menggunakan kendaraan umum/pribadi. Akses jalan dari luar kota bisa lewat jalan tol Surabaya-Gempol lalu keluar di jalan Tanjung Emas. Lalu kamu tinggal masuk ke Jl. Moro Kembangan, lokasinya tidak jauh dari jalan tersebut. Kamu juga bisa mengandalkan aplikasi Google Maps.

Harga Tiket Masuk Loka Jala Crana

Harga tiket masuk Planetarium Loka Jala Crana Surabaya sangat murah hanya Rp2.000/orang, tapi untuk masuk ke Planetariumnya minimal harus 10 orang dan jam buka sesuai di atas.

Tips

  • Kalau berkunjung ke sini lebih baik siapkan buku atau smartphone untuk mencatat informasi yang ada, baik yang dijelaskan pemandu atau yang tertera.
  • Jangan merusak barang/properti yang ada.
  • jika membawa anak kecil lebih baik jaga supaya tidak menyenggol/merusak properti.

Gambar Planetarium Loka Jala Crana

loka jala crana
instagram : @ghofurfirmansyah
planetarium surabaya
instagram : @sgsofficial
museum Loka Jala Crana
instagram : @binka_bm

Pencarian Harga Tiket Populer:

  • museum tni al surabaya harga tiket

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *