Wisata Candi Kalasan

Posted on

Candi Kalasan – Candi kalasan merupakan candi yang terletak di kawasan daerah istimewa yogyakarta, tepatnya di desa Kalibening, Tirtamani, Kabupaten Sleman, sekitar 16 km ke arah timur dari pusat kota Yogyakarta. Di dalam ukiran prasasti Candi Kalasan menunjukan bahwa candi ini juga disebut sebagai Candi Kalibening, sama seperti namanya desa tempat candi ini berada. Tepat tidak jauh dari Candi Kalasan, terdapat candi lain yaitu candi sari. Dari kedua candi tersebut mempunyai persamaan dalam keindahan bangunan candi dan juga rapihnya ukiran candi. Ciri – ciri khas yang dimiliki oleh kedua candi ini yaitu terdapat valjralepa yang gunakan untuk melapisi ornamen-ornamen dan relief pada dinding bagian luarnya. Harga Tiket Masuk Candi Kalasan sendiri sangat murah, hanya sekitar Rp5.000-an saja.

Pada umumnya candi itu dibangun oleh raja atau penguasa kerajaan pada masanya dahulu, sebagai kepentingan atau sebagai tempat ibadah, tempat tinggal untuk biarawan, pusat kerajaan atau sebagai tempat dilakukannya kegiatan belajar agama. Penjelasan mengenai Candi Kalasan di tulis dalam prasasti kalasan bahwa para penasehat keagamaan Wangsa Syailendra telah memberikan saran supaya maharaja Tejapurnama Panangkarana untuk membangun sebuah bangunan suci sebagai tempat pemujaan Dewi Tara dan sebuah biara untuk para pendeta Budha. Menurut prasasti dari Raja Belitung (907 M), bahwa yang dimaksud dengan Tejapurnama Panangkarana yaitu Rakai Panangkaran, putra dari Raja Sanjaya (Menurut prasasti dari Raja Belitung (907 M), bahwa yang dimaksud dengan Tejapurnama Panangkarana yaitu Rakai Panangkaran, putra dari  Raja Sanjaya (kerajaan Mataram Hindu).

Menurut beberapa sejarawan dan ahli purbakala, Candi Kalasan ini telah mengalami tiga kali renovasi. Sebagai buktinya, terlihat terdapat empat sudut kaki candi dengan bagian yang sangat menonjol. Selain itu terdapat juga tulisan yang dibuat sebagai kemugaran pada tahun 1927 sampai dengan tahun 1929 oleh Van Romondt. Van Romondt adalah seorang arkeolog dari Belanda. Sampai pada saat ini Candi Kalasan masih digunakan sebagai tempat pemujaan bagi penganut agama Budha, khususnya agama Budha Tantrayana dan pemuja Dewi Tara.

Candi Kalasan konon berada 20 meter di atas permukaan tanah, sehingga total tinggi keseluruhan Candi Kalasan ini kurang lebih mencapai 34 meter. Candi ini berdiri diatas tanah berbentuk bujur sangkar dengan diameter 45×45 meter yang membentuk selasar yang dikelilingi oleh Candi. Pada setiap sisinya terdapat tangga naik ke halaman candi yang dihiasi sepasang kepala naga pada bagian kakinya. Di depan kaki anak tangga dipasang lempengan batu yang tipis dan juga halus dengan bentuk lekukan.

Objek wisata Candi Kalasan yang bertempat di Tirtamani Sleman Yogyakarta memiliki panorama yang sangat menarik untuk dikunjungi. Hal ini sangat di sayangkan jika kamu sedang berada di kota Sleman tapi tidak mengunjungi wisata di Candi Kalasan.

Untuk keseluruhan bangunan Candi Kalasan ini berbentuk persegi panjang yang berukuran kira-kira 34×5 meter, yang terdiri dari ruang utama yang membentuk bujur sangkar serta bilik-bilik yang menjorok ke arah luar di tengah keempat sisinya. Terdapat pula dinding yang pada sekeliling kaki candi dihiasi dengan ukiran yang bermotif kumuda, yakni daun kalpataru, yang keluar dari sebuah jambangan berbentuk bulat.

Candi Kalasan mempunyai empat buah pintu yang terletak di keempat sisi, akan tetapi hanya pada pintu sisi timur dan barat yang memiliki tangga untuk mencapai pintu pada sisi timur yang menghubungkan pintu masuk ruang utama di tengah candi. Dilihat dari posisi letak pintu utamanya dapat diartikan bahwa Candi Kalasan menghadap ke arah timur.  Pada sepanjang deretan dinding candi terdapat cekungan-cekungan yang berisi arca.

Lokasi

Lokasi Candi Kalasan berada di Jl. Raya Yogyakarta-Solo, Desa Kalibening, Kecamatan Tirtamani, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia. Tempat ini tidak jauh dari tempat candi sari yang kira-kira cuma berjarak sekitar 2 km saja.

Candi di Yogyakarta lain yang perlu dikunjungi adalah Candi Borobudur, simak harga tiket Candi Borobudur sebelum ke sana.

Rute

Untuk sampai ke lokasi Candi Kalasan, kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi atau bisa juga dengan transportasi umum mengingat tempatnya yang sangat mudah dijangkau. Jika kamu menggunakan transportasi umum, kamu bisa menaiki bus jurusan Yogyakarta-Solo atau menaiki Transjogja, dengan rute jurusan terminal Prambanan. Dari terminal Prambanan kamu harus melanjutkan perjalanan menggunakan ojek sekitar atau kendaraan lokal lainnya yang banyak ditemukan di sana.

Harga Tiket Candi Kalasan

Bagi kamu yang ingin berkunjung ke wisata canci kalasan, kamu hanya perlu membayar tiket dengan harga yang sangat terjangkau yaitu Rp. 5000.

Jam  Buka

Serta jam buka wisata Candi Kalasan sekitar pukul 09.00-17.00 WIB, mulai hari senin-minggu.

Fasilitas yang tersedia pada area wisata Candi Kalasan bisa dibilang tidak terlalu banyak, cukup standar seperti adanya toilet, tempat parkir, rest rea, tempat makan, dan beberapa toko suvenir. Serta terdapat pula beberapa jasa yang menawarkan paket wisata ke beberapa candi yang lain yang berada di sekitar, seperti candi sari, Candi Prambanan, dan Candi Sewu.

Demikianlah, informasi mengenai harga tiket masuk Candi Kalasan. Semoga bermanfaat dan dapat memberikan sedikit wawasan mengenai sejarah Candi Kalasan. Terima kasih.

Foto Candi Kalasan

Candi Kalasan
Instagram : @dimas.hy
Foto Candi Kalasan
Instagram : @adkarlah
Wisata Candi Kalasan
Instagram : @nikofatkuria

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *