Harga Tiket Masuk Air Terjun Luweng Sampang dan Daya Tarik November 2020

Posted on

Harga Tiket Masuk Air Terjun Luweng Sampang – jogja merupakan salah satu tempat sibuk di Indonesia, hal ini karena Jogjakarta menjadi destinasi wisata yang disukai oleh banyak orang, bahkan banyak sekali wisatawan mancanegara. Ada begitu banyak wisata yang dapat anda temukan di sana, mulai dari wisata alam, ke gunung atau ke pantai atau laut dan juga situs-situs yang menakjubkan hingga wisata buatan yang sangat indah dengan nuansa alam maupun wahana. Ada destinasi wisata yang belum banyak orang kunjungi dan juga masih asri tentunya wisata alam, wisata itu adalah Luweng Sampang. Ketika kami publish artikel ini, harga tiket masuk Air Terjun Luweng Sampang masih free alias gratis

Luweng sampang merupakan air terjun yang terbentuk secara alamiah, kalau anda pernah mendengar mengenai “Grand Canyon” Luweng Sampang ini juga disebut sebut para pengunjung adalah Grand Canyonair terjun ini terletak di Desa Sampang, Kec. Gedangsari, Kabupaten Gunung Kidul. Kenapa dinamakan Luweng Sampang? Karena Luweng adalah sebuah lubang yang terbentuk secara alami hasil pergerakan tanah, sehingga menyebabkan air di atasnya jatuh ke lubang di bawahnya yang membuatnya seperti air terjun. Sampang sendiri wilayah desa yang terletak di Kab. Gunungidul – Yogyakarta.

Luweng Sampang ini terletak di perbatasan antara Klaten dan Yogyakarta, lebih tepatnya antara kabupaten Gunungkidul Yogyakarta dengan Kabupaten Gantiwarno, Klaten, Jawa Tengah, hal ini menjadikan wisata luweng sampan menjadi wisata yang sangat strategis untuk dikunjungi dari kedua kota tersebut.

Daya Tarik Luweng Sampang

Air terjun di sini hanya memiliki ketinggian 5 meter dan kemudian diapit oleh tebing yang terbelah di sampingnya ada 2 kemudian di bawahnya terdapat curug atau lubang yang menampung air. Ada juga air mengalir ke bawah dengan aliran sungai yang semakin mengecil.

Sebenarnya tergantung dari curah hujan saat musim penghujan, jika terjadi hujan yang deras maka debit air terjun juga akan lebih besar dan curugnya juga lebih dalam, tapi saat musim kering, maka debit airnya hanya selutut orang dewasa saja. Bahkan juga air terjun tidak akan Nampak saat musim kemarau. Jadi kalau main ke sini kami sarankan musim penghujan lebih baik untuk menikmati air terjun dan aliran sungainya

Kemudian yang menarik lainnya adalah pemandangan di sekitar air terjun terdapat bentuk bebatuan yang sangat indah, memiliki goresan alami yang akan membuat mata dan pikiran pengunjung refresh. Pepohonan di sampingnya menambah hawa lebih sejuk lagi.

Lokasi yang cukup strategis, banyak wisatawan yang datang ke sini, setelah dari jalanan Anda bisa langsung turun ke bawah melewati anak tangga buatan di sebelah batuan besar yang mengapit air terjun. Di sana Anda bisa mandi atau pun melakukan berendam di bawah air terjun yang membuat badan Anda lebih segar. Kebersihan alam sekitarnya juga sangat terjaga, tidak ada sampah berserakan hanya daun kering yang jatuh dari alam saja, selain masyarakat sekitar yang peduli akan kelestarian Luweng Sampang para pengunjung juga tidak membuang sampah sembarangan di sekitar tempat wisata di Klaten ini.

Tempat foto yang menakjubkan dengan background bebatuan serta air terjun dan curugnya akan membuat hasil jepretan foto Anda sangatlah indah. View dari atas tebing bebatuan akan menampakkan curug yang begitu biru dari pancaran cahaya dari langit dan untuk view dari bawah curug Anda bisa memoto indahnya corak bebatuan dari tebing dan juga sekitar yang memiliki look terhadap pepohonan yang rindang di sebelahnya.

Tempat wisata yang tidak kalah serunya adalah Curug Bayat Klaten. Sama-sama bertema alam dan sama-sama harga tiket masuk Curug Bayat Gedangsari Klaten murah meriah.

Fasilitas

Di Luweng Sampang ini hanya menyediakan fasilitas anak tangga yang dibangun untuk menuju ke bawah Luweng Sampan. Ada 2 bangunan gubug atau pendopo yang dapat Anda gunakan untuk bersantai menikmati air terjun dari depan Luweng Sampang dan juga Anda bisa menikmati beristirahat sambil menikmati makanan yang anda bawa disertai angin segar yang bertiup dari ketinggian Luweng Sampang.

Alamat

Jika Anda menginginkan untuk mengunjungi luweng sampang alamatnya yaitu Jl. Juminahan, Dusun Mongkrong, Desa Sampang, Kecamatan Gedangsari, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, kode pos 55863. Anda bisa mengandalkan maps di atas jika masih kebingungan menuju ke lokasi.

Rute

Untuk anda yang membutuhkan informasi mengenai rute yang dapat ditempuh untuk sampai ke Luweng Sampang kami akan tunjukkan jalur yang bisa Anda lewati menuju Luweng Sampang.

Sebenarnya luweng sampang memiliki rute yang sangat mudah. Dari kota jogja silakan lihat papan plang ke timur menuju jalan Pangurakan – lalu Anda akan sampai jalan Kusumanegara – lurus saja sampai perempatan Anda ambil selatan ke arah jalan Gedongkuning – kemudian Anda lurus jika sampai ke perempatan daerah Wonosari – ambil arah ke jalan Nasional III lurus sampai Anda temui pertigaan ambil utara ke jalan Piyungan – Ngoro-oro – nah di sini Anda sudah dekat untuk sampai ke Air Terjun Luweng Sampang.

Jam Buka

Jika Anda ingin berkunjung ke sana maka Anda harus tahu hari apa saja yang buka dan juga jam berapa anda bisa berkunjung menikmati Luweng Sampang, berikut infonya di bawah ini:

Minggu 06.00 – 18.00 WIB
Senin 06.00 – 18.00 WIB
Selasa 06.00 – 18.00 WIB
Rabu 06.00 – 18.00 WIB
Kamis Tutup
Jumat 06.00 – 18.00 WIB
Sabtu 06.00 – 18.00 WIB

Harga Tiket Masuk Luweng Sampang

Nah ini yang paling ditanyakan oleh para wisatawan mengenai harga tiketnya, berikut ulasan harga tiket luweng sampang. Anda tidak perlu khawatir, karena luweng sampang belum dikelola oleh pemerintah setempat secara keseluruhan, maka anda hanya perlu mengeluarkan kocek “0 Rupiah hehe. Pasti jiwa milenial bergetar ya tau yang free kek gini.

Parkir Motor Rp2.000
Parkir Mobil Rp5.000
HTM FREE

Tips Ke Luweng Sampang

Nah sebelum berangkat ke air terjun Luweng untuk mempermudah anda sampai ke Luweng Sampang ada sedikit tips yang dapat kami bagikan.

  • Karena jalan yang akan kamu lewati ini sangatlah mulus maka kamu bisa menggunakan sepeda motor matic, tapi kalau punya yang bagus ya monggo.
  • Kemudian bagi kamu yang ingin berendam lama-lama disana kami sarankan bawa pakaian ganti untuk setelah berendam di sana
  • Bawa bekal untuk menikmati keindahan Luweng Sampang,hal ini karena lokasi tidak ada yang berjualan makanan, untuk dinikmati di atas gubuk yang sudah disediakan di sana.
  • Terakhir selalu kami ingatkan ayo lestarikan alam dengan mengunjunginya dan menikmatinya, tapi jangan sampai merusak wisata yang sudah disediakan ala mini, hanya cukup menjaga kebersihan dengan membuang sampah yang di tempat semestinya ya.

Nah cukup ulasan yang dapat kami kabarkan untuk kamu yang ingin berlibur ke Wisata air terjun Luweng Sampang di Gunungkidul – Yogyakarta. Jika ada kesalahan dalam penyampaian kami harapkan masukan bagi kamu yang sudah berkunjung kesana. Semoga ulasan diatas bisa menjadi panduan untuk mempermudah perjalanan anda menuju ke luweng sampang. Happy Holiday.

Galeri Foto

air terjun luweng sampang
instagram : @blacktoner_5150
luweng sampang
instagram : @vivienjeli
luweng sampang gunungkidul
instagram : @idealisticalith

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *