Goa Pindul

Posted on
Nama Goa Pindul
Alamat Dusun Gelaran, Desa Bejiharjo, Kecamatan Karang Mojo, Kabupaten Gunung Kidul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, 55891
Jam Buka 06.30-17.00 WIB
Harga Tiket Masuk Rp40.000

Goa Pindul – Jika kamu merupakan wisatawan yang sering ke Jogja atau warga asli Jogja tentu sudah tidak asing lagi dengan tempat wisata di Jogja bernama Goa Pindul ini. Objek wisata tersebut memang sudah sangat populer, tidak cuma di Jogja saja, bahkan sampai ke luar Jogja. Lokasinya sendiri berada di daerah Kabupaten Gunung Kidul. Harga tiket masuk Goa Pindul pun sangat murah jika dibandingkan dengan daya tarik yang ditawarkannya.

Sejarah Horor

Goa Pindul adalah Goa Purba yang umurnya lebih dari ribuan tahun, tapi belum ada bukti sejarah yang bisa menjelaskan asal-usul ditemukannya Goa Pindul ini, sehingga segala fenomena yang terkuak di media sosial, baik ini sejarah atau misteri masih belum bisa dijadikan patokan.

Sejarah horor itu sendiri terbentuk dari masyarakat sekitar yang percaya bahwa Goa Pindul ini adalah termasuk wilayah sakral yang sempat dijadikan tempat pemujaan. Sejarah nama Goa Pindul terbentuk dari cerita perjalanan Ki Ageng Pemanahan dan Ki Juru Mertani yang diperintah untuk membunuh nyawa bayi oleh Penambahan Senopati Mataram, yang mana bayi tersebut adalah cucunya sendiri. Namun, Ki Ageng Pemanahan dan Ki Juru Mertani sepakat untuk tidak membunuh bayi itu dan mereka membawanya ke arah Gunung Kidul.

Ketika dalam perjalanan bayi tersebut terus menangis tanpa henti, sehingga membuat keduanya berhenti dan bermaksud memandikan si bayi. Sayangnya di sekitaran mereka tidak ada satu sumber air pun, hal tersebut membuat Ki Juru Mertani membawa si bayi ke atas bukit. Berkat ilmu yang dimilikinya tanah yang ia injak tersebut runtuh sehingga membuat lubang besar mengangah dan membuat sebuah sumber mata air mengalir di bagian bawahnya. Kini, lubang tersebut terkenal dengan nama Goa Pindul.

Melihat sumber air yang ada di bawah membuat Ki Juru Mertani tidak sabar ingin memandikan si bayi. Hal itu membuat kepala si bayi tanpa sengaja “kebendul” atau terbentur batu goa. Gara-gara “kebendul” itulah lama-lama nama goa ini menjadi Goa Pindul.

Tentu kisah di atas tidak bisa dipertanggungjawabkan oleh siapa pun dan jangan dijadikan patokan apapun. Sebab, apabila dilihat dari dinding, Goa Pindul ini sudah ada ribuan tahun lalu atau sebelum ada Kerajaan Mataram.

Alih Fungsi Goa Pindul

Sebelum dijadikan tempat wisata, Goa Pindul ini dulunya digunakan oleh masyarakat sekitar untuk kegiatan memancing, mandi, mencuci piring dan lain-lainnya. Awal mula pengalihan fungsi Goa Pindul ini ketika ada kegiatan KKN dari UGM. Ketika itu ada mahasiswa UGM yang masuk ke dalam goa dan melakukan penelitian batu serta air Goa Pindul ini. Ia nampaknya terpukau dengan apa yang ada di dalam goa sehingga berpikir suatu saat nanti Goa Pindul akan menjadi objek wisata keren di Jogja.

Penelitan yang mahasiswa tersebut lakukan lambat laun berkembang menjadi penelitian keamanan dan uji kelayakan Goa Pindul untuk jadi tempat wisata. Hasil dari penelitan itu lalu disetorkan ke masyarakat setempat yang tergabung di Pokdarwis (Kelompok Sadar Wisata). Warga setuju dengan inisiatif mahasiswa tersebut, mereka pun ikut meramaikan Goa Pindul dengan stan makanan atau oleh-oleh. Alhasil di tanggal 10 November 2010m Caving atau Cave Tubing Goa Pindul resmi dibuka untuk umum. Pembukaan itu dihadiri oleh pejabat daerah dan juga masyrakat sekitar.

Di luar ekspektasi, Goa Pindul langsung booming dan viral di media sosial hanya dalam waktu tidak sampai 3 tahun. Terlebih karena peran media yang terus menyorot tempat wisata baru di Jogja ini. Media-media seperti Hipwee, Tripadvisor dan lain-lain turut membuat Goa Pindul menjadi ramai seperti saat ini. Melihat potensi yang besar, banyak pebisnis mulai tertarik melakukan investasi ke Goa Pindul, meski akhirnya tidak satupun dari mereka yang dibolehkan investasi oleh masyarakat sekitar. Hingga artikel ini terbit, terdapat 10 pengelola wisata yang ada di Goa Pindul.

Semakin tinggi pohon semakin besar pula angin yang menerpanya, istilah tersebut sangat tepat untuk menggambarkan isu negatif yang belakangan menyerang Goa Pindul. Isu populer adalah perseteruan antar pengelola, isu ditutupnya Goa Pindul dan isu misteri di sini.

Pastilah isu-isu tersebut tidak benar, sebab hingga kini hubungan antar pengelola baik-baik saja. Mereka bahkan semakin kompak untuk memajukan pariwisata Goa Pindul. Tempat wisata ini tidak pernah ditutup karena konflik antar operator, jika memang ditutup tentu karena faktor cuaca yang kini sedang tidak menentu dan faktor virus Corono atau Covid-19.

Mengenai isu Goa Pindul berhantu, berita itu hanya settingan saja karena Goa Pindul pernah menjadi lokasi syuting sinetron horor yang sudah tayang di televisi.

Baca Juga : Harga Tiket Masuk Taman Pintar Jogjakarta

Daya Tarik

Indahnya alam Goa Pindul hampir sama dengan pulau-pulau eksotis di Indonesia seperti Bali, Lombok, NTT, hingga Papua. Kedalaman Goa Pindul ini kurang lebih antara 5-12 meter dengan panjang 350 meter, dan lebar hingga 5 meter.

Cave Tubing

Cave Tubing merupakan istilah keren dari susur sungai menggunakan pelampung dengan tingkat keamanan standar International. Jadi, Cave Tubing ini bukan rafting karena di sini airnya tenang. Di dalam Goa Pindul banyak kelelawar, loh, jangan kaget ketika masuk goa kamu akan melewati markas kelelawar.

Kilauan Air

Daya tarik favorit para wisatawan adalah adanya kilauan air dalam Goa Pindul. Air itu datang dari mata air gedong tujuh. Keindahan tersebut sering kali diabadikan oleh para wisatawan yang datang dengan smartphone mereka yang terbungkus plastik supaya tidak kena air.

Stalaktit dan Stalagmit

Keindahan lain tentu adalah pesona stalaktit dan stalagmit yang ada di dalam Goa Pindul. Pengunjung pun jadi bisa melihat indahnya lukisan ornamen di bagian dinding goa. Perpanduan ciamik antara hiasan batu kristal dengan moonmilk membuat para pengunjung memiliki pengalaman baru setelah berkunjung ke sini.

Zona

Wisata Goa Pindul dibagi menjadi 3 zona, yakni Zona Terang, Zona Remang, dan Zona Gelap. Di bagian Zona Terang kamu bisa melihat indahnya goa langsung dengan jelas, untuk Zona Remang, kamu hanya melihat sedikit cahaya saja yang masuk dan memantul di bagian dinding goa. Sementara untuk bagian Zona Gelap, jelas di sini tidak ada cahaya sama sekali sehingga kamu butuh penerangan tambahan ketika melintasi zona ini.

Ruang Sinar Matahari

Dalam Goa Pindul ada sebuah ruang keren banget, ruang ini biasanya dipakari oleh Tim SAR masuk ke dalam goa. Di bagian atas terdapat sebuah lubang yang memungkinkan sinar matahari masuk ke dalam goa sehingga menghasilkan sebuah panorama yang indah.

Larangan

Untuk menjamin keselamatan pengunjung, pihak pengelola memberikan larangan yang wajib dipatuhi, berikut daftarnya.

  • Pengunjung dilarang melakukan Cave Tubing sendiri tanpa menggunakan alat-alat dengan standar international milik pengelola.
  • Jalan sendiri meninggalkan rombongan tanpa pamit dengan pemandu.
  • Bayi dilarang ikut menyusuri Goa Pindul.

Fasilitas

Sebagai bentuk keseriusan pengelola, di Goa Pindul sudah tersedia banyak fasilitas yang akan membuat para wisatawan nyaman ketika berkunjung ke sana. Berikut beberapa fasilitas yang ada di Goa Pindul.

  • Pelayanan baik
  • Menyediakan banyak metode pembayaran
  • Ruang tansti pendopo sadewa
  • Wedang Pindul Free
  • Penitipan barang
  • 5 ruang ganti pakaian
  • Free Wifi
  • Musala
  • Pendopo wayang 6 unit
  • Kamar Mandi
  • Area parkir luas

Alamat

Lokasi Goa Pindul berada di Dusun Gelaran, Desa Bejiharjo, Kecamatan Karang Mojo, Kabupaten Gunung Kidul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, 55891. Kamu bisa klik maps di atas untuk lebih mudah mengantarmu ke lokasi.

Rute

Lokasi menuju Goa Pindul sangat mudah dijangkau dengan kendaraan apapun, baik motor, mobil, atau bus. Akses jalan sudah dilapisi aspal tebal. Rute perjalanan ke Goa Pindul bisa dimulai dari Jogja jika kamu membawa kendaraan pribadi jalan terus lewat Jogja-Wonosari sampai melewati Bukit Bintang dan terus sampai di Kota Wonosari.

Sampai di Wonosari cari Bundaran Siyono dengan ciri-ciri ada air mancur di tengah bangunannya. Dari bundaran tersebut belok ke kiri dan ikuti jalan hingga bertemu lampu merah simpang empat. Sampai di sini kamu ambil jalan lurus sampai ke perempatan besar. Kemudiaan belok ke kiri menuju ke Desa Bejiharjo.

Lurus terus hingga ketemu SMP, kemudian belok kiri dan ikuti jalan sampai di lokasi Gunung Pindul. Sampai di Desa Bejiharjo kamu akan bertemu dengan banyak pemuda di sana yang akan mengantarmu menuju ke Goa Pindul. Tidak perlu memberi upah kepada mereka tidak apa karena mereka memang sudah diperkerjakan oleh pengelola Goa Pindul untuk mengantar wisatawan menuju ke lokasi.

Jam Buka

Wisata Goa Pindul mulai buka pukul 06.30-17.00 WIB jangan sampai kemalaman jika ke sana. Ada kontak dari pengelola yang bisa kamu hubungi yakni di 0274-2903089, 0818-204-507, dan 081-227-095-33.

Harga Tiket Masuk

Tiket masuk ke Goa Pindul terbilang murah tergantung dari paket yang akan kamu pilih. Harga tiket mulai dari Rp10.000-Rp450.000. Berikut daftar harga tiket masuk Goa Pindul atau paketnya.

Paket Harga
Tiket Masuk Kawasan Rp10.000
Goa Pindul Rp40.000
Goa Cristal Rp40.000
Goa Gelatik Rp40.000
Susur Goa Sriti Rp40.000
River Tubing Oyo Rp60.000
Outbound Rp60.000
Goa Tanding Rp150.000
Wisata Off Road Rp450.000

Tips

Buat calon wisatawan Goa Pindul bisa mengikuti tips dari kami supaya perjalanan liburan kamu ke Goa Pindul bisa lebih nyaman. Berikut daftar tips dari kami.

  • Hubungi kontak di atas sebelum melakukan reservasi supaya kamu mendapat info valid yang bisa dipertanggungjawabkan. Ingat, reservasi tidak perlu bayar dahulu.
  • Jangan cuma ikutin maps saja karena ada banyak tag di maps yang bisa mengecoh, tapi kamu juga perlu bertanya kepada warga sekitar jika tersesat.
  • Jangan tergiur harga tiket masuk murah karena harga tiket masuk Goa Pindul sudah ditetapkan oleh pihak pengelola.
  • Siapkan kebutuhan pribadi, antisipasi hujan bawa jas hujan atau payung dan juga tas kresek buat smartphone kamu.
  • Bawa pakaian basah karena kamu akan menyusuri Goa Pindul dengan naik perahu karet, dan tentu kamu bisa berenang di tempat yang kedalamannya rendah.
  • Hati-hati buat kamu yang membawa kendaraan pribadi karena banyak tikungan tajam di jalan menuju ke lokasi Goa Pindul ini.
  • Jasa pengantaran gratis bisa kamu dapatkan dengan cara reservasi lebih dahulu. Jangan buru-buru mengikuti arahan orang yang ada di sekitar jalan Goa Pindul waspada penipuan.

Galeri Foto

Goa Pindul
instagram : @faridatul_maulidia
Pindul Cave
Goa Pindul
Goa Pindul Jogja
instagram : @bothoklanding7

Sekian informasi dari kami hargatiketpromo.com, mengenai harga tiket masuk Goa Pindul semoga bermanfaat dan jangan lupa share ke seluruh media sosial kamu, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *